December 19, 2017

Fungsi, Jenis, Keunggulan dan Ragam Aksesoris Pipa HDPE

Secara definisi, pipa adalah sebuah benda berbentuk lubang silinder yang memanjang dan terbuat dari beberapa bahan baku. Seperti bahan logam dan bahan thermoplastik sebagai sarana pengantar fluida berbentuk cairan, gas ataupun udara. Dari definisi tersebut jelas menggambarkan bahwa pipa berguna untuk sarana pengaliran dan transportasi fluida. Kebanyakan pengetahuan orang awam, mengenal dua jenis pipa, diantaranya pipa besi dan pipa PVC. Namun tahukah Anda, ternyata pipa ada beragam jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan. Dan kali ini kita akan mengupas pipa high density polyethylene atau sering dikenal dengan pipa HDPE. Apakah Anda sudah mengenal jauh akan pipa yang satu ini? Bila belum, mari sama sama mempelajarinya lebih jauh!

 

Fungsi Dan Jenis Jenis Pipa Air

Pada penjelasan diatas, sudah sempat kita singgung sedikit mengenai kegunaan pipa, yakni sebagai sarana untuk menyalurkan fluida berupa cairan, gas ataupun udara dari satu tempat ketempat tertentu dengan mempertimbangkan efek, temperatur dan tekanan fluida yang dialirkan. Jelas fungsi dari pipa ini sangat bermanfaat, dapat dibayangkan bila tidak ada pipa sebagai pengalir air. Untuk sekedar mandi saja membutuhkan kerja keras yang lebih bukan? Dan ternyata pipa bukan hanya untuk mengalirkan air atau cairan lainnya, digunakan pula untuk mengalirkan udara atau gas.

Selain fungsinya tersebut, pipa juga sering dipergunakan untuk konstruksi bangunan gedung, gudang dan beragam lainnya. Sebagai contoh saja seperti pipa untuk industri migas, penyulingan minyak, pembangkit tenaga, pengangkut minyak, tenaga nuklir dan masih banyak lagi. Melihat fungsinya yang bermacam macam, dapat disimpulkan bahwa bahan baku pipa jelas berbeda, sesuai kebutuhan dan fluida yang akan dialirkan. Sehingga jenis jenis pipa tersebut akan dipilah berdasarkan bahan baku. Adapun dibedakan berdasarkan jenisnya ada beberapa jenis pipa yang kini beredar di pasar, diantaranya :

  1. Pipa carbon steel
  2. Pipa stainless steel
  3. Pipa carbon moly
  4. Pipa duplex (pipa yang sering dipergunakan dalam industri migas)
  5. Pipa ferro nikel
  6. Pipa chrom moly
  7. Pipa galvanis
  8. Pipa PVC
  9. pipa HDPE

Selain pipa yang digolongkan dari jenis bahan bakunya, terdapat pula pipa yang dibuat bahan khusus. Sebagai contoh misalnya pipa alumunium, pipa wrought iron pipa yang dibuat dari besi namun tanpa tempa, pipa vibre glass dan masih banyak pipa khusus lainnya.

 

Pipa HDPE

Seperti yang kita tahu bahwa HDPE mempunyai kepanjangan High density polyethylene, merupakan pipa yang terbuat dari bahan thermoplastik polyethelene dengan densitas (Massa jenis) tinggi. Sehingga jenis pipa yang dihasilkan dapat menahan daya tekan yang lebih tinggi. Sebagai sarana penyalur air, jenis pipa yang satu ini diklaim lebih unggul dibandingkan PVC. Karakteristik pipa tersebut lebih flexible atau lentur namun sangat kuat dan tahan akan bahan kimia. Berbeda dengan PVC yang kaku dan tidak tahan akan bahan kimia. Masih belum percaya pipa ini lebih unggul dibandingkan PVC? Simak keunggulan pipa HDPE berikut ini.

  • Bila dalam kondisi suhu normal, pipa ini dapat bertahan lama hingga 50 tahun.
  • Smooth bore artinya permukaan bagian dalam pipa sangat halus.
  • Sistem sambungan yang kuat membuat HDPE aman dipergunakan, dan jelas anti bocor.
  • Jenis pipa yang satu ini telah mendapatkan rekomendasi dari WHO dan terjamin food grade, sangat pas dipilih guna mengalirkan air.
  • Umumnya warna pipa memang berwarna hitam, namun pipa tersebut tidak beracun.
  • Berbeda dengan pipa PVC, pipa ini dinyatakan anti korosi dan anti lumut. Sebagai pengalir air, pipa berlumut tentunya kurang bagus bukan bagi kemurnian air?
  • Ketahanan akan sinar UV sudah teruji, meskipun kondisi panas tidak akan mempengaruhi kemurnian air.
  • Pipa HDPE memiliki berat yang ringan, namun sangat kuat.
  • Seperti yang kita tahu, pipa ini sangat flexible dan memudahkan kita dalam mengatur jalan air serta meminimalisir penggunaan aksesoris pipa nantinya.

Sangat banyak bukan kelebihan yang dimilikinya? Dari kelebihan tersebut kini Anda jelas mengetahui perbedaan dari PVC dan HDPE.

(Baca Juga : Harga Mesin HDPE dan Keistimewaan Pipa Wavin Black )

Aksesoris Pipa HDPE

Berbicara masalah aksesoris pipa HDPE sangat erat kaitannya dengan teknik pemasangan atau fitting. Berbeda cara pemasangan maka berbeda pula aksesoris yang dibutuhkan. Terdapat beberapa cara pemasangan seperti compresion fitting, butt fusion fitting, socket fusion fitting dan electro fusion fitting. Dari keempat cara pemasangan tersebut membutuhkan aksesoris yang berbeda pula. Berikut ini lebih lengkapnya.

  • Compression fitting

    Dalam metode penyambungan yang satu ini terdapat beberapa aksesoris pelengkap HDPE. Seperti straight coupler, elbow 90 derajat, female adaptor, female elbow, male elbow, male adaptor, tee, clamp saddle, reducing coupler, end cap, reducing tee, male tee, female tee, nipel, stop kran dan beragam lainnya.

  • Butt fusion fitting

    Adapun aksesoris yang dibutuhkan untuk pemasangan metode butt fusion adalah elbow 45 derajat, elbow 90 derajat, reducer coupler, equal tee, reducer tee, stub end, End cap, cross, water metter, gate valve dll.

  • Electro fusion fitting

    Untuk metode pemasangan yang satu ini, aksesoris yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan ketiga fitting lainnya. Adapun aksesoris yang dibutuhkan seperti coupler, reducer coupler, elbow 90 derajat, elbow 45 derajat, stub flange, equal tee dan reducer tee.

(Baca Juga : Jenis dan Fungsi Aksesoris Pipa HDPE )

Mesin HDPE

Mengetahui metode pemasangan pipa HDPE sangat kurang lengkap bila belum mengetahui cara menyambungnya bukan? Cara menyambung HDPE dapat digunakan dua cara yakni menggunakan mesin manual atau mesin otomatis. Perlu diketahui bahwa kunci bertahannya pipa adalah kebocoran, jadi pemasangannya tidak boleh sembarangan. Harus dipasang dengan ukuran, cara dan teknik yang pas guna menghindari kebocoran. Dengan mesin manual dapat dikerjakan oleh orang yang sudah sangat ahli serta memiliki jam terbang tinggi.

Sebab dibutuhkan perhitungan dan ukuran presisi guna menyatukan pipa secara manual. Berbeda dengan mesin otomatis yang memotong dan menyambungnya dilakukan menggunakan mesin. Perhitungan dan penyatuan sudah pasti sempurna sehingga anti kebocoran. Harga pipa dan pemasangannya memang lebih mahal dibandingkan PVC. Akan tetapi Anda akan lebih berhemat disisi perawatan dan perawatan jangka panjang.

Selesai sudah kupasan kita kali ini mengenai pipa HDPE. Setelah mengenalnya lebih jauh yakin Anda tidak mengetahui ingin beralih menggunakan HDPE? Jika pipa dan aksesoris HDPE ini disatukan maka akan terbentuk pipa kokoh yang mampu bertahan hingga puluhan tahun. Banyaknya kelebihan yang dimiliki pastinya juga membuat budget Anda semakin irit bila diperhitungkan dalam jangka panjang. Harga serta pemasangannya memang lebih mahal, akan tetapi Anda akan mengurangi biaya perawatan dan kerusakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam dunia perpipaan, terima kasih telah membaca.

 

Blog ,