September 28, 2017

Jenis dan Fungsi Aksesoris Pipa HDPE

Pipa HDPE merupakan pipa yang dibuat dengan menggunakan bahan Polyethylene berdensitas tinggi. Pipa HDPE ini merupakan salah satu jenis pipa yang saat ini telah banyak digunakan untuk membangun saluran air bersih. Selain itu pipa HDPE lebih efektif, memiliki kinerja yang cukup efisien dan menggunakan metode penyambungan bervariatif. Dalam proses penyambungan pipa, terdapat jenis penyambungan pipa atau metode penyambungan yang berbeda-beda. Pada proses penyambungan itu sendiri membutuhkan yang dinamakan dengan aksesoris pipa. Hal ini bertujuan untuk membangun jalur saluran pipa yang diharapkan dengan baik. Tanpa aksesoris tentu penyambungan pipa tidak akan bisa dijalankan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang detail produk lihat Pipa HDPE

Aksesoris pada pipa HDPE ini cukup beragam. Ada berbagai macam jenis aksesoris untuk digunakan pada proses penyambungan pipa HDPE. Aksesoris ini berfungsi untuk menunjang keberhasilan atau kesempurnaan penyambungan sehingga hasilnya akan maksimal. Penyambungan pipa yang tidak maksimal bisa mengakibatkan kebocoran atau kerusakan. Sehingga itulah alasan mengapa aksesoris mempunyai peranan penting pada penyambungan pipa atau disebut juga dengan fitting pipa. Apabila Anda akan melakukan penyambungan pipa, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis-jenis aksesoris yang diperlukan dalam fitting pipa itu sendiri.

Macam-macam Aksesoris Pipa HDPE dan Fungsinya

Jenis aksesoris untuk pipa yang pertama adalah socket. Socket merupakan aksesoris yang pada umumnya digunakan untuk menyambung pipa dan bertujuan untuk memperpanjang pipa dengan menyambungkan lurus terutama jenis pipa roll dengan panjang lebih dari 50 meter. Aksesoris socket untuk menyambungkan pipa ini digunakan pada penyambungan pipa yang umumnya memiliki diameter yang sama dengan metode penguncian ulir. Anda dapat menggunakan aksesoris pipa ini untuk melakukan penyambungan pipa yang lurus dan panjang.

Aksesoris pipa yang selanjutnya yang diperlukan pada penyambungan pipa adalah jenis Elbow. Elbow ini berbeda dengan aksesoris jenis socket, aksesoris jenis elbow ini berfungsi untuk membelokkan aliran air dengan ulir yang ada dibagian dalam. Untuk aksesoris elbow ini dipergunakan untuk aliran air yang memiliki arus besar. Tidak hanya dapat dipergunakan untuk membelokkan aliran air, aksesoris pada penyambungan pipa dapat juga digunakan untuk membagi aliran air menjadi dua. Aksesoris tersebut disebut juga dengan Tee. Aksesoris tee berfungsi untuk membagi aliran air menjadi dua yaitu ke kanan dan ke kiri.

Selain socket, elbow maupun tee yang mana memiliki fungsi yang berbeda, masih ada jenis aksesoris untuk penyambungan pipa yang memiliki fungsi berbeda yaitu untuk menyambungkan dua pipa yang memiliki diameter berbeda. Aksesoris ini disebut dengan Reducer. Reducer merupakan aksesoris yang memiliki dua jenis tipe yang berbeda. Pertama adalah reducer elbow dan yang kedua reducer socker. Reducer elbow berfungsi untuk membelokkan aliran air, sedangkan untuk reducer socket berfungsi untuk menyambung lurus pipa dan memperpanjang pipa. Aksesoris jenis reducer ini sangat berguna bagi Anda yang akan melakukan penyambungan pipa namun dengan diameter pipa yang berbeda.

(Baca: Harga Mesin HDPE dan Keistimewaan Pipa Wavin Black )

Ada bermacam-macam jenis aksesoris pipa yang difungsikan untuk penyambungan pipa yang berbeda. Aksesoris ini merupakan salah satu elemen penting dalam proses penyambungan pipa atau fitting pipa, karena bertujuan untuk menyempurnakan sambungan pipa agar tersambung dengan baik. Tanpa aksesoris-aksesoris ini, Anda tidak akan dapat melakukan penyambungan pipa. Dengan mengetahui jenis-jenis aksesoris yang diperlukan pada fitting pipa dan juga mengetahui fungsi masing-masing, maka Anda dapat memilih jenis aksesoris yang Anda butuhkan untuk penyambungan pipa Anda. Ini dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda yang belum mengetahui hal-hal mengenai penyambungan pipa beserta aksesorisnya.

(Baca: Mengenal Proses Penyambungan Pipa HDPE )

Blog ,