December 19, 2017

Membuat Percabangan Pada Pipa Wavin Black

Wavin Black adalah salah satu produk terbaik Wavin, yang merupakan perusahaan pipa terbesar yang ada di dunia juga di indonesia. Pipa ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan bisa bertahan hingga usia penggunaan 50 tahun. Ada banyak rangkaian jenis pipa dan sambungan yang bisa Anda gunakan untuk rangkaian produk perpipaan HDPE. Terutama untuk saluran jaringan perairan, gas dan kabel dan sebagainya. Dengan kualitas terbaik, tentu saja Anda akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan pipa untuk beragam kebutuhan. Jika Anda ingin melakukan percabangan pada pipa, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dirumah Anda dengan simpel dan mudah dipraktikkan.

Wavin Black Pipa Plastik Terbaik

Bagi Anda yang ingin melakukan percabangan dengan menggunakan pipa ini, ada baiknya mencari jenis pipa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam proses ini aksesoris memegang peranan pentin, yang bisa dimanfaatkan untuk membelokkan saluran sesuai dengan harapan Anda. Namun jenis yang terbaik akan memberikan kemudahan dalam melakukan percabangan pada pipa. Produk Pipa Wavin Black Tigris bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin membuat perencanaan saluran dengan beragam percabangan. Tanpa aksesoris, pipa jenis ini juga dapat dibelokan dengan ketentuan rentang 25 kali dari diameter. Misalnya untuk pipa diameter 20 mm (1/2”), pipa dapat dibelokan 180 derajat pada jarak 20 x 25 = 500 mm atau 50 Cm. Atau 90 derajat untuk jarak 25 Cm

Beberapa cara aplikasi pipa Wavin Black

Karena pipa ini memiliki karakteristik yang cukup istimewa dan bisa bertahan hingga puluhan tahun, maka ada banyak orang yang memanfaatkan pipa jenis ini dibanyak proyek. Meskipun kebanyakan orang menggunakan Wavin Black sebagai pengaliran air, tidak jarang kebutuhan lain juga sering menggunakan aplikasi produk pipa jenis yang satu ini. Penggunaan pertama dari pipa ini adalah sebagai jaringan pipa bawah air. Hal itu dikarenakan pipa ini memiliki banyak keunggulan-keunggulan seperti kelenturan yang cukup tinggi. Selain itu, persenyawaan yang dimiliki pipa ini juga cukup sempurna khususnya dalam hal penyambungannya. Anda juga bisa menggunakan pipa ini sebagai instalasi perpipaan bawah laut karena pipa ini cukup tangguh. Selain itu, kelenturan pada pipa juga membuat pipa ini kuat dari menahan beberapa beban yang timbul selama pipa mengapung.

Selain itu, pipa ini juga biasanya digunakan untuk relining. Penggunaan pipa wavin black untung relining jaringan pipa drainase dan air minum memang disarankan. Hal itu dikarenakan kemampuan bersenyawa sambungan pada pipa wavin yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, sambungan pada pipa ini memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatannya sendiri. Selain itu, pipa jenis ini juga dapat dengan mudah dilengkungkan hingga radius 25 kali diameter luar pipa. Hal itu tidak membingungkan karena pipa ini memiliki kelenturan yang cukup luar biasa. Oleh karena sifat kelenturan yang cukup bagus, maka tidak heran pembuatan relining disarankan menggunakan pipa jenis ini. Oleh karena itu, sudah sebaiknya Anda menggunakan pipa ini dalam kebutuhan Anda dan Anda juga wajib tahu cara penyambungan dari pipa ini.

(Baca: Fakta Menarik Tentang Kualitas Pipa HDPE )

Beberapa Teknik percabangan pada Pipa Wavin

Banyak cara membuat percabangan dengan pipa HDPE, salah satunya dengan menggunakan aksesoris atau fitting pipa. Cara lain, Anda bias membuat kreasi percabangan pipa dengan cara lain dan tak biasa. Seperti cara berikut ;

Sebelum membahas tentang teknik, ada baiknya Anda mempersiapkan alat-alat yang digunakan dalam membuat cabang dengan Wavin Black. Beberapa peralatan yang wajib Anda persiapkan adalah bor tangan, drill for weld in saddle, polyfusion welding machine, matrice for weld saddle, kunci L dan lap. Dengan peralatan tersebut, Anda bisa melakukan percabangan dengan sangat baik dan bertahan hingga lama. Setelah mempersiapkan alat-alat tersebut, langkah selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah membuat lubang pada pipa disesuaikan dengan percabangan yang ingin Anda lakukan. Anda bisa memotong dengan rapi pipa tersebut dengan bor khusus dengan diameter yang pas. Disini, Anda bisa memilih mata bor sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika Anda merasa diameter mata bor tersebut cukup dan pas, maka Anda bisa melanjutkan dengan proses pemanasan. Untuk memanaskan Pipa Wavin Black ini, Anda bisa menggunakan fitting weld in saddle. Alat ini akan memudahkan Anda dalam melelehkan pipa. Setelah itu, Anda bisa melakukan pemanasan pada kedua sisi pipa sehingga kedua sisi pipa memiliki ujung yang leleh sehingga kedua sisi tersebut memiliki presisi yang sama sebelum dipasangkan. Jika Anda merasa sudah cukup dan kedua sisi ujung pipa sudah meleleh maka Anda bisa menancapkan percabangan tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.Untuk menempelkan, akan lebih baik jika dilakukan dengan tangan dan tekanlah sedikit agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika sudah maka Anda bisa menggunakan percabangan tersebut untuk kebutuhan Anda.

(Baca: Wavin Black Pipa Berkualitas, Kuat dan Anti Karat )

Selain itu, dalam teknik pemasangan Wavin Black, Anda juga bisa melakukannya dengan teknik yang sama dengan pipa HDPE lainnya yaitu dengan 3 teknik penyambungan meliputi mechanical Joint, Butt Fusion, dan Electro Fusion. Namun, penyambungan dengan menggunakan teknik mechanical joint adalah teknik yang direkomendasikan khususnya jika Anda menggunakan pipa yang ukurannya besar yang memiliki diameter mulai dari 20mm hingga diameter 63 mm. Namun, jika Anda menggunakan pipa yang ukurannya kecil, Anda cukup menggunakan teknik electro fusion untuk menyambungnya apalagi jika hanya penyambungan repairing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bingung jika Anda ingin memilih teknik penyambungan setelah Anda ingin membuat cabang pada pipa.

Oleh karena itu, Anda cukup tahu bagaimana cara menyambung dengan teknik mechanical joint dan electro fusion saja. Untuk mechanical joint, Anda bisa mengawalinya dengan membuka compression collar dan melepaskan union dan ring penjepitnya. Setelah itu, Anda bisa memasangkan union dan ring penjepit pada kedua ujung pipa. Selanjutnya, Anda bisa memasang kembali compresion collar dan kencangkanlah dengan alat sebelum akhirnya Anda melakukan hal yang sama pada pipa yang lainnya. Sedangkan pada teknik electro fusion, Anda bisa membersihkan ujung-ujung pipa yang hendak disambung. Setelah itu, pasanglah kedua ujung-ujung pipa yang hendak Anda sambung ke electro fitting. Selanjutnya, Anda hanya perlu menghubungkan elektroda yang ada pada electro fusion ke elektro fitting dan menghidupkannya.

Pada dasarnya, pembuatan cabang pada Wavin Black sama seperti melakukan penyambungan pada pipa HDPE lainnya. Bedanya hanya Anda wajib melakukan pengeboran pada pipa untuk membuat cabang pada pipa. Sedangkan proses penyambungannya sama yaitu menggunakan 3 teknik penyambungan seperti yang digunakan pada pipa pada umumnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu lagi saat melakukan percabangan dengan pipa jenis ini.

Blog , ,