January 29, 2018

Menelaah Potensi Kebocoran Pipa Air

Kebocoran pipa air adalah hal paling tidak disukai dan dihindari dalam instalasi saluran air bersih atau kotor. Sayangnya, hal ini kerap terjadi dari hal-hal kecil yang kurang disadari.

Faktor eksternal dan kesalahan dalam pemilihan produk yang tepat untuk saluran air kerap menjadi beberapa penyebab kebocoran pipa air. Faktor gangguan binatang pengerat misalnya, tikus kerap membuat pipa mudah berlubang, terutama jenis pipa plastik.

Adapula faktor eksternal berupa benturan benda keras atau benda runcing yang berdampak langsung pada pipa. Kejadian ini kerap membuat pipa mudah mengalami kerusakan dan bocor.

Faktor eksternal lain adalah pengaruh lingkungan. Lingkungan lembab, atau terpapar sinar UV secara langsung adalah kondisi kurang ideal saluran pipa air. Jika berlangsung lama, usia penggunaan pipa akan mengalami penurunan yang berdampak pada kebocoran.

Apapun jenis produk pipa Anda, dan setangguh apapun bahan baku yang digunakan, kebocoran pipa air kerap muncul dan kurang diantisipasi sebelumya. Pada akhirnya proses instalasi akan berjalan lebih lama, dan yang pasti biaya pemeliharaan akan membengkak.

Nah tahukah Anda, proses penyambungan pipa air pada dasarnya mudah-mudah-susah. Mudah karena saat ini banyak tutorial di internet yang akan mengajarkan kita secara “instan” bagaimana menyambung sebuah produk pipa air.

Langkah demi langkah sering dibahas. Baik dalam bentuk artikel, gambar dan bahkan video di Youtube, dan situs berbagi lain. Masalahnya apakah hal tersebut cukup dan dapat selalu berjalan mulus ?

Hal tersebut yang membuat langkah ini menjadi sulit. Beberapa orang sering mengambil poin-poin tertentu dalam langkah penyambungan. Sayangnya beberapa hal kecil kurang diperhatikan. Dampaknya kebocoran pipa air pun tak bisa terhindarkan.

Jika hal ini terjadi, maka seseorang akan lebih memeras otak lebih keras, apa dan bagaimana hal tersebut terjadi. Bahkan pada saluran pipa air bersih dengan pipa HDPE yang dikenal memiliki ketangguhan seperti pipa besi.

Kali ini kita akan membahas bagaimana kebocoran pipa air kerap terjadi, terutama pada produk pipa air dari bahan thermo plastik.

Bahan thermo plastik adalah materi plastik yang diolah secara modern. Sifat material ini adalah mengeras pada saat dingin, dan meleleh pada saat dipanaskan. Untuk produk pipa air, bahan ini digunakan pada pipa jenis Pipa PVC, Pipa PPR dan Pipa HDPE.

Ketiga jenis produk pipa air tersebut memiliki langkah penyambungan bervariatif. Ada yang hanya memerlukan aksesoris, membutuhkan mesin penyambung dan menggunakan bahan perekat atau biasa kita kenal dengan istilah solvent cemen (Lem PVC).

Lalu apa saja yang membuat proses penyambungan tidak berjalan sempurna, lalu kemudian kebocoran pipa air berpotensi terjadi lagi dan lagi ? Berikut kita bahas satu per satu permasalahan pada 3 jenis pipa diatas, terutama dalam hal proses penyambungan.

 

Kebocoran Pipa Air PVC

Pipa PVC dipilih karena beberapa kelebihan, diantaranya harganya yang murah, ringan sehingga mudah dalam hal mobilisasi dan proses instalasi. Lalu apa yang kerap menjadi permasalahan kebocoran pipa air PVC?

Jika kita melihat tutorial proses penyambungan pipa PVC, metode ini sangat sederhana dan bisa dipelajari hanya dalam beberapa menit. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan hal ini. Terutama dalam hal kebersihan bagian yang hendak disambung dan pemberian media perekat.

Kebersihan adalah hal utama dalam proses penyambungan pipa PVC. Untuk itu pastikan tidak ada debu dan pasir yang menempel di bagian pipa atau aksesoris yang hendak disambung. Munculnya sedikit faktor ini akan membuat proses tidak berjalan sempurna dan menyebabkan munculnya risiko kebocoran pipa air menjadi besar.

Faktor lain adalah media penyambungan. Solvent cemen atau lem pvc adalah salah satu media perekat pipa atau fitting PVC. Untuk menghindari kebocoran pipa air PVC, pastikan bagian ini cukup saat digunakan. Kelebihan lem yang meluber, berpotensi merusak struktur pipa dan sambungan akan mudah rusak kemudian bocor.

Selain lem, karet gelang juga media penyambung pipa PVC. Pastikan bagian ini memiliki bentuk sempurna sebelum dipasang. Selain itu, pastikan bagian ini terpasang di tempat semestinya, jika tidak faktor kebocoran pipa akan semakin besar. Sumber

(Baca Juga: Wavin Black Pipa Berkualitas, Kuat dan Anti Karat )

 

Kebocoran Pipa Air PPR

Pipa PPR merupakan produk pipa plastik yang memiliki metode penyambungan dengan memanfaatkan karakter thermo plastik. Saat panas dan melumer, bagian pipa dengan fitting akan disambung, setelah suhu normal, bagian ini akan menyatu dengan sempurna.

Seperti pipa PVC, tutorial penyambungan pipa PPR banyak dijumpai di internet. Cara ini mudah dipelajari dengan bantuan mesin penyambung khusus Pipa PPR yang memiliki dua sisi pemanas yang bekerja dalam waktu bersamaan.

Lalu apa yang sering dilupakan orang dalam proses penyambungan pipa PPR ? Dan pada akhirnya kebocoran pipa ppr sangat memungkinkan terjadi.

Sistem penyambungan yang membutuhkan panas dan lelehan yang sempurna, sebaiknya Anda memperhatikan setiap detil proses penyambungan, seperti :

  • Kebersihan bagian yang hendak disambung (dari debu atau kotoran lain)
  • Waktu yang dibutuhkan alat penyambung, dan suhu yang ideal
  • Penggunaan bahan pipa dan aksesoris sejenis (baik brand hinga material)
  • Waktu pendinginan yang ideal
  • Gunakan aksesoris dan pipa dengan diameter sama

 

Kebocoran Pipa Air HDPE

Ketidak sempurnaan proses penyambungan kerap menjadi faktor utama kebocoran pipa air jenis HDPE. Seperti yang kita ketahui, ada tiga jenis metode penyambungan yang dapat digunakan, dan berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Metode penyambungan Mechanical joint

    Pastikan kelengkapan elemen pendukung fitting compression joint lengkap, dan terpasang tepat pada tempatnya. Sebelum melakukan proses penyambungan, bersihkan setiap bagian dari debu dan cairan lain yang mengganggu. Jangan lupa kencangkan aksesoris setelah bagian ini terpasang.

  • Metode penyambungan Butt Fusion

    Standar pertama adalah bersihkan bagian yang hendak disambung dari kotoran. Gunakan aksesoris dari bahan HDPE (Sama dengan pipa). Untuk penyambungan pipa, direkomendasikan menggunakan produk dengan merk sama, mengingat ketentuan standar produsen dalam produksi pipa HDPE kerap berbeda satu dengan yang lain.

  • Metode penyambungan Electro fusion

    Gunakan aksesoris yang direkomendasikan, berikut mesik electro fusion. Pastikan tegangan stabil untuk proses pemanasan yang sempurna. Dan seperti SOP penyambungan pipa lain, bersihkan bagian yang hendak disambung dari kotoran.

Kerusakan pipa air kerap muncul dan tidak diantisipasi sebelumnya. Bahkan saat Anda sudah mempersiapkan produk terbaik dengan kualitas prima. Pemasangan yang buruk hanya akan proses penyambungan tidak berjalan mulus, kebocoran pun akhirnya terjadi.

(Baca: Tips Memilih Pipa HDPE Yang Berkualitas )

 

Kunjungi Halaman kami Produk Wavin Black  untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk kami

Blog , , ,