January 24, 2018

Mengenal Pipa HDPE dan Prosedur Penyambungannya

Ketika mendengar kata pipa, pasti Anda akan teringat dengan aliran air. Untuk mengalirkan air di rumah memang kita membutuhkan pipa. Jenis pipa di pasaran pun banyak sekali. Ketika Anda datang ke toko bangunan, pasti akan melihat berbagai macam pipa dengan berbagai merk. Salah satu pipa yang paling bagus dan popular adalah Pipa HDPE. HDPE atau high density polythylene. Saat ini menjadi produk pipa terbaik di indonesia. Sifatnya sangat lentur, sehingga mudah untuk dipasang, karena dapat dengan mudah mengikuti tekstur tanah.

Pengertian Pipa HDPE

Pipa berkualitas bagus ini terbuat dari bahan polyethylene (PE). Banyak orang yang lebih mengenalnya sebagai pipa PE. Bahan ini tidak mudah retak, walaupun digunakan dalam waktu yang lama. Bisa bertahan sampai 50 tahun lebih. Inilah yang membuat banyak orang suka memakai jenis pipa ini. bahkan pipa ini tak hanya bisa bertahan lama, tapi sangat lentur. Terkena benda keras pun tak akan rusak dan pecah. Banyak perusahaan air minum yang memakai pipa ini, karena lebih tanah lama dan tak akan pernah rusak. Air tanah pun akan tetap bersih dan tidak akan tercemari oleh berbagai zat berbahaya.

(Baca: Tips Memilih Pipa HDPE Yang Berkualitas )

Jenis pipa PE ini, memiliki banyak merk yang berbeda. Tapi semuanya bagus untuk digunakan. Ukuran dari pipa PE juga banyak sekali. Sehingga bisa digunakan dalam berbagai kegiatan masalah saluran perairan. Ada yang ukuran ½ inchi, 1 inch, 3 inch hinggaa pipa berdiameter 24 inch. dari yang ukuran kecil sampai yang berukuran besar semua ada. Sehingga bisa membantu semua kebutuhan saluran air untuk rumah tangga, komersial dan proyek lain. Jenis pipa PE juga ditawarkan dalam beragam kebutuhan tekanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tekanan bar merupakan nominal kekuatan pipa saat ditekan dengan kekuatan tertentu. Oleh karena itu, tekanan bar kerap berkaitan dengan ketebalan dari sebuah pipa. Selain itu akan menjadi ukuran ketahanan pipa terhadap tekanan dari dalam. Jadi tekanan bar ini pada pipa HDPE, harus disesuaikan dengan tekanan air yang akan melewati pipa. Kebutuhan tekanan pipa HDPE terdapat beberapa macam. PN6.3, PN8, PN10, PN12.5, dan PN16. Kebutuhan tekanan bias disesuaikan kebutuhan penggunaan pendorong. Penggunaan pipa dengan tekanan yang tepat akan membuat saluran lebih awet, tak mudah rusak dan memiliki usia pemakaian lebih lama.

(Baca Juga: Wavin Black Pipa Berkualitas, Kuat dan Anti Karat )

Harga Pipa HDPE

Harga pipa hdpe bermacam-macam, sesuai dengan diameter dan jenis PN (Pressure Nominal) pipa. Dan tentu saja panjang kebutuhan pipa itu sendiri. Jadi harga di ukur dari per meter. Harga permeternya mulai dari Rp 6 ribuan sampai 2 juta rupiah pun ada. Jadi tergantung dengan ukuran dari pipa tersebut. pada saat membelinya, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga tidak ada pipa yang terbuang sia-sia begitu saja. misalnya pipa untuk rumah dan untuk perkantoran atau pabrik akan memiliki jenis yang berbeda. Anda harus memahami hal tersebut terlebih dahulu.

Harga dari pipa ini terkadang berubah-ubah. Jika Anda membeli di tempat grosir tentunya harga lebih murah dibandingkan Anda membeli satuan. Hati-hati dengan produk palsu yang harganya lebih murah. Anda harus bisa membandingkan harga yang asli dengan harga yang palsu. Lihat stAndar harga di toko yang lain. Jangan langsung percaya dengan toko yang menawarkan harga terlalu murah dan terkesan tidak masuk akal.

Cara Menyambung Pipa HDPE

Jenis pipa HDPE begitu mudah untuk dipasang atau disambung karena bentuknya yang begitu lentur dan bisa menyesuaikan kontur tanahnya. Sebelum memasang pipa ini, ada beberapa jenis aksesoris tambahan yang harus Anda siapkan. Ada yang namanya segmented, Injection moulding, compression dan masih banyak lainnya. aksesoris tersebut digunakan untuk menyambung satu pipa dengan pipa yang lainnya

Jika Anda memakai butt fusion, pemasangannya memakai teknik pemanasan pada bagian ujungnya. Jadi kedua bagian pipa harus ditemukan kemudian dipanaskan memakai teknik welded atau pelelehan. Anda bisa memakai teknik penyambungan butt fusion jika memasang pipa dengan diameter 63 mm ke atas. Untuk fitting butt fusionnya bisa memakai jenis polyethylene. Teknik ini cukup sulit dilakukan dan harus orang yang ahli dibidangnya yang harus melakukan proses pemasangan. Sering digunakan dalam proses pemasangan pipa perairan atau pembuangan yang ukuran yang besar. di timbun dalam tanah yang dalam. Proses pemasangannya juga membutuhkan waktu yang lama. Tidak bisa sembarangan pada saat dipasang.

Teknik lainnya bisa memakai teknik electro fusion. Metode penyambungan pipa ini memakai electrode yang sudah ada fiting electrofucion. Anda harus membersihkan bagian ujung pipa terlebih dahulu. kemudian disambung lagi di elektro fusion. Nanti pipa akan saling menyatu dengan memakai mesin tersebut. Anda juga bisa memakai teknik compression joint untuk menyambungkan pipa. Penyambungan pipa ini memakai coupler atau socket. Sistem yang digunakan memakai sistem mechanical joint. Teknik ini hanya bisa digunakan pada ukuran pipa 20 mm sampai 110 mm. Jika ukurannya diatas 110 mm Anda harus memakai teknik electro fusion atau teknik butt fusion.

Teknik terakhir yang bisa Anda gunakan adalah penyambungan flange to flange. Teknik penyambungan pipa hdpe ini cukup mudah dilakukan. Sering digunakan untuk menyambung pipa jenis hdpe dengan jenis pipa yang lainnya; jadi memang cukup mudah dilakukan. Jadi pada saat menyambung pipa, tidak boleh sembarang, harus disesuaikan dengan ukuran dari pipa tersebut. jika salah menyambungkan, malah membuat saluran air tidak lancar dan cepat bocor. Oleh karena itu Anda harus menyambungkan dengan benar.

Pipa dengan ukuran yang kecil kan memiliki teknik penyambungan yang berbeda dengan pipa yang berukuran besar. jangan sampai Anda salah dalam menyambungkan. Pada saat memilih pipa juga dengan sebaik mungkin. Karena saat ini banyak pipa yang dipalsukan. Kualitasnya tidak sama dengan pipa yang asli. Lebih cepat rusak dan bahkan bisa pecah. Untuk pipa ini tidak akan pernah pecah sama sekali. Walaupun di timbun dalam waktu lama dan terkena benda keras, tidak akan rusak. Inilah yang membuat banyak orang untuk memilih produk pipa hdpe ini.

Hampir semua pertambangan, pabrik, saluran air di jalan raya dan masih banyak lainnya yang memakai jenis pipa ini. harganya yang cukup terjangkau tapi lebih tahan lama dibandingkan jenis pipa yang lainnya. Anda jangan pernah salah memilihnya. Karena kalau salah memilih akan membuat pipa cepat rusak belilah di tempat yang terpercaya, sehingga kualitas produknya terjamin. Lakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli. Jangan asal membeli tanpa tahu kualitasnya. Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang pipa hdpe yang bagus dan berkualitas tinggi. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.

Kunjungi Halaman kami Distributor Pipa HDPE untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk kami

Blog , , ,