September 14, 2017

Mengenal Proses Penyambungan Pipa HDPE

Proses penyambungan Pipa Thermoplastik merupakan cara yang paling banyak digunakan adalah dengan proses pemanasan. Hal ini juga sama dengan penyambungan pipa HDPE. Pipa ini terbuat dari bahan thermoplastik, sehingga sangat mudah dilelehkan ketika dilakukan proses pemanasan. Lalu ketika suhu sudah normal, bisa langsung mengeras lagi. Inilah yang membuat proses penyambungannya lebih cepat dan mudah. Untuk pemanasannya, anda membutuhkan mesin pemanas. Untuk lebih jelasnya berikut ini proses penyambungan pipa yang benar :

Bagian Pada Mesin Pemanas

Sebelum membahas tentang bagian proses penyambungan pipa, kita akan bahas tentang bagian pada mesin pemanas terlebih dahulu.

  1. Panel Pendorong

    Di mesin pemanas, ada yang namanya panel pendorong. Panel ini digunakan untuk membuat alat maju mundur pada saat proses penyambungan terjadi. Untuk jenis yang manual, penggerakkannya dilakukan dengan tangan. Yang otomatis memang lebih mudah digunakan, karena bisa bergerak secara otomatis.

  2. Pemanas Teflon

    Pada bagian ini,digunakan dalam proses pemanasan. Dua sisi bagian yang anti lengket. Dengan bantuan pemanas telfon ini, anda bisa melelehkan dua ujung pipa kemudian disambungkan menjadi satu. Jadi bagian pada mesin pemanas ini, menjadi bagian yang paling penting.

  3. Mesin Penyerut

    Bagian ini digunakan untuk merapikan bagian pipa yang akan disambung. Sehingga hasil sambungan lebih rapi dan rata. Jadi bagian ini memang sangat penting untuk digunakan.

  4. Ragum Pipa

    Ragum pipa ini digunakan untuk membuat pipa berada di tempatnya pada saat melakukan proses pemanasan. Sehingga pipa tidak bergerak bebas saat maju mundur mesinnya. Untuk ragum pipa ini, bentuknya menyesuaikan dari diameter pipa yang akan disambung.

  5. Panel

    Panel ini digunakan untuk memberi info tentang suhu dari pemanas yang sedang dilakukan. Jadi anda tahu harus menaikkan suhu atau menurunkan suhunya.

Cara Penyambungan Pipa HDPE

Untuk proses penyambungan pipa HDPE ini sangat mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunci pipa dengan ragum pipa. Sehingga pipa tidak akan bergerak-gerak. Barulah anda melakukan proses penyerutan. Sehingga pipa rapi dan bisa tersambung dengan benar. Pastikan pipa bentuknya sudah lurus dan benar. Jika pipa sudah rapi, barulah melakukan pemanasan. Proses pemanasan ini bisa butuh waktu beberapa menit saja. Jika sudah panas dan ujung pipa meleleh. Sambungkan satu pipa dengan pipa yang lainnya. Diamkan sebentar sampai sambungan pipa dingin dan mengeras.

(Baca: Tips Memilih Pipa HDPE Yang Berkualitas)

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan proses penyambungan. Setiap diameter pipa memiliki tinggi pemanasan yang berbeda-beda. Tekanan panas untuk pipa yang diamaternya kecil tentunya lebih rendah daripada yang ukuran besar. Jadi anda harus memperhatikan hal tersebut dengan benar. Jangan sampai terlalu panas, karena akan membuat pipa rusak. Jika anda gagal menyambungkan kedua pipa, lebih baik potong dan lakukan proses penyambungan ulang, sehingga hasilnya lebih bagus dan rapi. Hal ini juga menghindari terjadinya kerusakan pada saluran pipa.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang detail produk lihat Wavin Black

Sebenarnya proses penyambungan pipa jenisnya sangat banyak sekali . Proses pemanasan inilah yang paling mudah digunakan. Terutama untuk pipa HDPE. Karena jenis pipa ini lebih tahan lama dan lebih lentur. Sehingga bisa disambungkan dengan mudah. Ingat lihat kondisi pipa terlebih dahulu, sebelum anda menyambungkan kedua pipa. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Baca: Mengenal Produk Pipa Terbaik Wavin Black

Blog , ,