September 14, 2017

Tips Memilih Pipa HDPE Yang Berkualitas

Pernahkah anda berpikir, kalau pipa air yang ditanam dalam tanah akan tetap aman sampai berpuluh-puluh tahun tanpa alami kerusakan? Atau mungkin anda adalah orang yang sering gonta ganti pipa air, karena sering bocor dan rusak?

Memilih produk pipa yang tepat memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi untuk jalur pipa yang akan ditanam di dalam tanah. Pastinya anda harus memakai pipa berkualitas dengan karakter tangguh dan tak mudah rusak.

Untuk mengetahui lebih lanjut Tentang Produk ini klik Wavin Black

Pipa HDPE merupakan produk pipa yang tepat, dalam hal ini pipa ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Bahkan walaupun di tanam di dalam tanah yang lokasinya sulit, tetap bisa tahan lama. Sebelum memutuskan menggunakan produk pipa berkualitas ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  • Pahami Jenis Pipa

    Saat ini, di pasaran, ada banyak sekali jenis pipa. Ada pipa PE-100 atau dikenal dengan HDPE, pipa PVC, pipa besi dan masih banyak lainnya. Setiap pipa ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda harus memahami setiap jenis pipa tersebut.

    Yang paling banyak digunakan untuk proyek air bersih adalah jenis pipa PE-100 atau HDPE. Jenis ini sangat lentur tapi kuat, tidak cepat rusak atau berkorosi. Pipa PE dijual dalam bentuk gulungan yang panjang, sehingga anda tak harus menggunakan banyak fitting. Selain itu bisa digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan menurut sebuah percobaan, pipa pe-100 memiliki ketahanan hingga 50 tahun.

  • Spesifikasi Pipa

    Selain jenis pipa, anda juga harus memperhatikan spesifikasi dari produk tersebut. Merk pipa yang ada di pasaran jumlahnya ratusan. Setiap merk itu juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi sebelum membeli pastikan anda paham apa saja spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya dari ukuran, kekuatan, tekanan dan masih banyak lainnya.
    (Baca: Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Pipa HDPE)

    Untuk pipa HDPE misalnya, produk yang baik tak akan berpengaruh terhadap benturan secara tiba-tiba, dan tak mudah pecah. Jika hal ini terjadi berarti pipa tersebut memiliki kualitas yang baik. Tentunya pipa untuk mengaliri air bersih, air buangan, air dari pompa bertekanan atau air limbah memiliki spesifikasi yang berbeda. Jangan pernah salah dalam memilih. Lihat diameter yang anda butuhkan, inchinya,dan lain sebagainya.

  • Proses Penyambungan dan Fitting

    Untuk menyambungkan satu pipa dengan pipa yang lainnya, anda membutuhkan fitting untuk proses penyambungan. Ada beberapa jenis penyambungan yang bisa dilakukan. Ada yang memakai perekat biasa atau memakai solvent cement (lem) dan prosedur pemanasan. Kedua proses ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung jenis pipa yang digunakan.

    Misalnya pipa PVC yang disambung dengan prosedur Solvent Cement, Pipa PPR dan Pipa PE-100 yang disambung dengan teknik pelelehan (Persenyawaan sempurna). Jadi sebelum membeli anda harus memperhatikan proses penyambungannya ini.

  • Kekuatan Dan Ketahanan

    Pada saat memilih pipa, anda harus memikirkan masalah kekuatan dan ketahanan dari pipa tersebut. Bisa digunakan dalam waktu yang lama atau tidak. Terkena hujan dan panas mudah terkorosi atau tidak, ketika dipendam di dalam tanah akan tahan lam atau tidak dan masih banyak lainnya. Semua hal tersebut harus dipikirkan supaya anda tak perlu gonta ganti pipa air terus menerus
    (Baca: Mengenal Lebih Dekat Tentang Jenis Tekanan Pipa HDPE )

Dengan memperhatikan semua hal diatas, anda bisa menemukan pipa yang berkualitas. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pipa HDPE untuk pipa Jaringan air bersih pada Proyek anda, semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

Blog ,