September 16, 2017

Tips Memilih Pipa PVC Limbah yang Tepat

Untuk membangun saluran limbah yang berkualitas, tentu saja kita membutuhkan pipa yang tepat dengan material yang baik. Kualitas yang baik dari pipa tentu saja akan membuat saluran limbah yang kita buat dapat bekerja secara optimal dan tidak mudah mampet. Di pasaran, terdapat beragam jenis pipa untuk saluran limbah yang bisa Anda pilih. Ketersediaan pipa ini memang memberikan keleluasaan yang lebih bagi Anda untuk mendapatkan pilihan terbaik. Hanya saja, kita sering salah untuk memilih pipa tersebut sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tips untuk memilih pipa PVC limbah yang tepat.

Memilih pipa PVC limbah terbaik

Untuk memilih pipa PVC terbaik, maka ada beberapa pertimbangan yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Adapun pertimbangan tersebut diantaranya adalah:

  • Pilih produk dengan permukaan halus

    Sebagaimana sudah disinggung di awal bahwa di pasaran terdapat beragam jenis produk pipa PVC limbah yang bisa anda pilih dengan sangat baik. Namun, dalam hal ini, sebaiknya anda memilih produk pipa yang memiliki permukaan dinding pipa cenderung halus. Ya, hal ini penting untuk diperhatikan seiring dengan kegunaan dari pipa tersebut untuk saluran limbah.Memilih pipa dengan permukaan yang cenderung kasar tentu saja beresiko karena kotoran yang hendak terbuang dalam limbah dapat tersangkut pada permukaan kasar tersebut. Sehingga akan menyumbat aliran limbah yang seharusnya dibuang. Penting diketahui bahwa kotoran yang tersangkut akan membuat aliran limbah terganggu yang akhirnya akan membuat anda kerepotan. Sedangkan dengan permukaan yang halus, aliran limbah cenderung akan lebih stabil.

  • Perhatikan jenis tekanan pada pipa

    Selain permukaan pipa, hal lain yang perlu diketahui adalah berkaitan dengan tekanan pipa. Produk pipa terdiri dari beragam pilihan yang dibedakan menurut tekanannya, terutama untuk pipa yang digunakan dalam pembuatan saluran air atau sanitasi. Namun, hal berbeda dibutuhkan dalam pembuatan saluran air limbah. Dalam hal ini, saluran limbah tidak membutuhkan pipa bertekanan. Dikarenakan aliran limbah bergerak tanpa daya dorong, dan dengan bantuan gaya gravitasi. Nah, saat hendak membeli pipa PVC limbah, pilihlah produk yang didesain untuk mendukung kebutuhan pembuangan dengan tekanan tidak sampai 5 kg/m2 (Dibawah standard pipa PVC JIS kelas D). Salah satu contoh terbaik adalah Wavin Lite. Salah satu produk pipa dari Wavin ini didesain dengan bahan uPVC khusus dengan warna cokelat.

  • Hindari produk pipa yang cepat rusak

    Tentu, semua orang ingin membeli pipa dengan daya tahan yang baik sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, anda sebaiknya cukup selektif dalam memilih jenis pipa yang hendak anda beli. Memang, ada beragam pilihan dari pipa tersebut di pasaran. Namun, tidak semua produk pipa PVC limbah dapat digunakan sesuai harapan. Penggunaan jenis pipa PVC kelas D juga sering dianggap sebagai alternatif. Selain harga yang murah, jenis pipa ini juga memiliki karakter digunakan untuk saluran bertekanan rendah. Hanya saja, perlu diketahui jenis pipa ini memiliki permukaan dalam dinding kasar (tak sehalus produk pipa spesialis saluran limbah). Sehingga aliran limbah tak berjalan efektif, dengan risiko terjadinya pemumpukan limbah (Seperti limbah nabati rumah tangga) penyebab munculnya masalah saluran mampet dan rusak.

Baca Juga Keuntungan Menggunakan Pipa PVC Limbah Wavin Lite

Dengan pertimbangan berikut, tentu saja anda mengetahui beberapa hal penting yang bisa membantu anda mendapatkan pipa PVC limbah terbaik sesuai dengan keinginan anda. Dalam hal ini, lihatlah katalog yang tersedia dimana anda bisa memilih beragam jenis pipa yang tersedia dengan pertimbangan yang anda miliki. Hubungi pula agen terkait untuk membantu anda mendapatkan produk berkualitas. Semoga bisa membantu.

Blog