January 27, 2018

Tips Memilih Produk Pipa Limbah Terbaik

Kebutuhan Pipa Limbah dalam sebuah bangunan atau fasilitas umum sangat penting. Fungsinya, menyalurkan fluida limbah ke tempat seharusnya, tanpa risiko pencemaran.

Membangun jaringan pipa limbah, kadang tak se-sederhana yang kita pikirkan. Sedikit kesalahan akan membuat instalasi kurang efektif, bahkan keliru. Dampaknya, tak hanya biaya yang membengkak, proses ini sering berakibat fatal pada kerusakan dan kebocoran saluran.

Seperti halnya memilih pipa air, atau pipa air panas, memilih pipa limbah atau pipa kotor buangan diperlukan keputusan yang cermat. Salah satunya menggunakan produk pipa yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan ini.

Sebelum melakukan hal tersebut, mari kita perhatikan jenis fluida atau cairan limbah seperti apa yang akan kita alirkan dengan pipa (saluran limbah air kotor) yang hendak digunakan.

Berbeda dengan aliran air bersih, fluida berupa kotoran dan limbah biasanya tidak murni berisi cairan. Beberapa material seperti tanah, partikel kecil, dan bahkan lumpur akan turut serta teralirkan beserta dengan cairan.

Bukan sebuah kebetulan jika produk pipa limbah bocor di jalan. Karena biasanya, produk dan proses instalasi yang kurang tepat dapat meningkatkan risiko dampak buruk ini. Sehingga produk tak memiliki usia lebih lama dari harapan.

Saat ini banyak pilihan produk pipa yang bisa digunakan sebagai pendukung saluran pipa limbah. Orang sejak lama menggunakan pipa besi dalam hal ini.

Sayangnya, biaya mahal, proses pemasangan yang rumit, dan beban pipa yang berat membuat proses mobilisasi pipa sangat sulit dilakukan. Terlebih faktor karat yang membuat pipa tak tahan dan berusia lebih pendek dari harapan.

Meski Pipa HDPE disebut-sebut sebagai pengganti pipa besi, sayangnya jenis ini juga tidak direkomendasikan untuk saluran pipa limbah.

Faktor harga membuat biaya pembelanjaan Anda kurang efektif. Selain itu pada penyambungan butt fusion Pipa HDPE, lipatan yang terdapat di bagian dinding dalam berisiko meningkatkan faktor penyumbatan dan membuat saluran mudah mampet.

Dari semua produk yang paling tepat, untuk saluran pipa limbah dan air kotor adalah jenis pipa PVC. Karena kebutuhan ini biasanya berjalan tanpa tekanan.

Pipa PVC Standar JIS untuk Saluran Pipa Limbah

Setelah membaca beberapa poin kebutuhan saluran air limbah diatas, memilih produk pipa limbah bisa dilakukan “gampang-gampang-susah”. Hal ini akan gampang, jika Anda tahu dan menggunakan produk yang tepat.

Namun akan susah, jika Anda berpikir saluran limbah memiliki karakter seperti saluran air kebanyakan, termasuk kebutuhan saluran air bersih dan sebagainya.

Di Indonesia, banyak pilihan menggunakan produk pipa limbah yang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan akan menyederhanakan biaya pengeluaran Anda, baik untuk proses pembelian hingga perawatan saluran kedepan.

Nah salah satunya adalah produk pipa PVC standar JIS. Jenis pipa ini biasanya ditawarkan dengan dua macam varian, diataranya jenis AW dan Jenis D.

Jenis AW merupakan varian pipa PVC standar JIS yang mampu ditekan dengan ketahanan hingga 10 bar (Kg/cm²). Sementara untuk produk pipa lain, dikenal dengan istilan nama class D. Jenis pipa ini memiliki ketahanan terhadap tekanan hingga 5 bar (Kg/cm²).

(Baca: Tips Memilih Pipa HDPE Yang Berkualitas )

Tak hanya kelas standar, kebutuhan pipa PVC juga tersedia dalam kelas premium. Di Indonesia produk ini ditawarkan salah satunya dengan brand RUCIKA JIS dengan dua kelas VP untuk kelas tekanan 10 bar dan VU untuk tekanan 5 bar.

Pada dasarnya, semua jenis pipa PVC ditawarkan untuk saluran buangan dan air sederhana. Namun dengan sistem penyambungan pengeleman dengan solvent cement, kadang masalah sering timbul di bagian sambungan.

Masalah tersebut kerap terjadi karena proses penyambungan yang tidak berjalan sesuai standar. Salah satunya unsur solvent cement (Lem PVC) yang keluar dari bagian sambungan. Dalam jangka waktu tertentu, hal ini kerap membuat produk mudah korosi.

Dampaknya, pipa akan mudah mengalami kebocoran dan limbah akan terbuang tidak pada tempatnya. Sehingga polusi pun dengan mudah terjadi dan menjadi permasalahan Anda di kemudian hari.

Produk pipa PVC pada dasarnya difungsikan sebagai saluran air sederhana. Untuk saluran buangan, jenis pipa ini direkomendasikan sebagai media penyalur distribusi air hujan. Cocok untuk kebutuhan rumah tangga, industri dan kebutuhan gedung.

(Baca Juga: Wavin Black Pipa Berkualitas, Kuat dan Anti Karat )

Kenapa harus Pipa Limbah Rucika Wavin Lite ?

Pipa Limbah Rucika Wavin Lite didesain instimewa untuk saluran pembuangan limbah dan air kotor. Penggunaan bahan baku terbaik, standar produksi dan kualitas pipa menjadi beberapa alasan produk ini lebih baik.

(Baca: Wavin Lite, Pilihan Terbaik Saluran Limbah )

Berikut kelebihan Rucika Wavin Lite saat digunakan sebagai pipa limbah :

  • Kualitas Internasional
    Rucika Wavin Lite, merupakan produk yang sebelumnya dikenal sebagai Wavin Lite. Produk ini diproduksi berdasarkan standar internasional Wavin, BV. Holland. Standar ini termasuk pemilihan bahan baku, dan standar produk lain.
  • Tidak mudah pecah
    Bahan baku Rucika Wavin Lite dikembangkan dari bahan PVC modern, atau dikenal dengan bahan uPVC. Bahan ini merupakan pengembangan dengan meningkatkan kelenturan dan kekuatan, sementara tingkat keretakan lebih rendah.
  • Mendukung sistem saluran buangan
    Rucika Wavin Lite didesain unik dengan kualitas produk sangat direkomendasikan untuk saluran pipa Limbah. Selain itu, produk ini juga didukung beragam jenis aksesoris dari berbagai diamter pipa yang dibutuhkan.
  • Mudah dan Cepat dalam Pemasangan
    Rucika Wavin Lite memiliki sistem penyambungan rubber ring joint. Sistem penyambungan pipa limbah ini bisa dilakukan hanya dengan gelang karet khusus. Tanpa mesin pemanas penyambungan pipa dan bahan kimia perekat lain.
  • Ringan dan Tahan Lama
    Bahan uPVC Rucika Wavin Lite didesain dengan tingkat keretakan rendah, namun kekuatan dan kelenturan tinggi. Sehingga membuat usia penggunaan pipa rata-rata lebih lama dibanding produk pipa sejenis.Selain itu sifat istimewa ini yang juga membuat efektifitas performa pipa, sehingga lebih ringan dibanding produk pipa PVC konvensional.
  • Permukaan halus dan Tahan Kimia
    Permukaan halus mutlak harus terpenuhi dalam usaha menyalurkan limbah dengan baik dan efektif. Syarat tersebut telah terpikirkan pada saat memproduksi produk Pipa Limbah Rucika Wavin Lite. Karena permukaan kasar akan meningkatkan risiko munculnya kebocoran karena penumpukan kotoran (limbah) yang tidak diharapkan.

Selain itu, bahan Rucika Wavin Lite didesain tahan terhadap bahan Kimia ekstrim. Kemampuan ini membuat aliran limbah dengan campuran bahan kimia tak menjadi permasalahan untuk dialirkan ke tempat pembuangan akhir.

Kunjungi Halaman kami Produk WAVIN LITE  untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk kami

Blog ,