December 19, 2017

Tips Mudah Teknik Menyambungan Pipa HDPE

Pipa HDPE adalah singkatan dari pipa dari bahan thermoplastic jenis High Density Polythylene. Bahan ini sangat istimewa, sehingga membuat produk pipa memiliki kualitas terbaik jika dibandingkan dengan pipa-pipa lainnya. Bahan ini membuat pipa memiliki sifat yang elastis dan memiliki kelenturan diantara produk pipa plastic yang lain. Selain itu ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari produk pipa dengan warna dominan hitam strip biru yang satu ini. Salah satunya adalah mudah dalam pemasangan dan penyambungan karena mengikuti pergerakan tanah dan mudah dalam ekspedisi. Selain itu, kelebihan lain juga bisa Anda dapatkan dari pipa ini yang akan diulas disini beserta dengan cara pemasangannya yang sangat mudah untuk Anda aplikasikan di berbagai proyek saluran air bersih terpadu.

Mengapa perlu menggunakan Pipa HDPE?

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu menggunakan pipa yang satu ini. Salah satu alasannya adalah bahan yang digunakan pada pipa. Dengan bahan utama Polythylene pipa ini mampu bertahan lebih lama saat digunakan oleh Anda dirumah. Bahan tersebut cukup kuat bahkan jika terlindas oleh kendaraan besar karena pipa ini memiliki kerapatan yang cukup bagus dan biasanya digunakan untuk pipa air minum di Indonesia dan dunia. Ada banyak produsen pipa yang memproduksi pipa ini sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, agar pipa ini bisa bertahan lebih lama, Anda juga perlu tahu teknik dalam pemasangan pipa karena teknik pemasangan akan mempengaruhi usia pipa.

Berkaitan dengan kualitas pipa ini, Anda bisa mencari berdasarkan harga yang ditawarkan. Salah satu pipa yang terbaik adalah pipa HDPE wavin yang mampu bertahan hingga 50 tahun lebih. Namun ukuran dan jenis pipa juga mempengaruhi harga dari pipa ini.

Pipa HDPE memiliki beberapa jenis varian tekanan atau biasa dikenal dengan PN (Pressure Nominal). Angka PN mengindikasikan kekuatan pipa pada tekanan dengan nominal tertentu. Misalnya, pipa PN-10 memiliki tingkat kekuatan hingga 10 Kg/Cm2. Begitu juga jenis PN lain: PN 6.3, PN 8, PN 12.5 dan PN16. Ketebalan dinding pipa dalam hal ini berperan dalam meningkatkan kualitas tekanan pipa. Pipa bertekanan (PN) tinggi memiliki tebal dinding lebih besar ketimbang pipa dengan nominal tekanan lebih rendah.

Selain itu, ada hal lain yang wajib Anda ketahui tentang Pipa HDPE yang dibuat dari bahan istimewa. Bahan HDPE dibuat dengan percabangan yang tidak banyak. Hal itu bisa terjadi karena disebabkan oleh pemilihan jenis katalis dalam produksi dan kondisi reaksinya. Katalis yang digunakan pada pipa ini adalah katalis Xiegler-Natta. Oleh karena percabangannya tidak banyak maka pipa ini memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang cukup tinggi. Hal lain yang wajib Anda ketahui tentang pipa ini adalah kekerasan pipa. Pipa ini bisa dibilang cukup keras karena mampu bertahan pada temperatur hingga 120 derajat celcius (dalam waktu singkat). Oleh karena itu, pipa ini menjadi pilihan terbaik sebagai proyek instalasi baik air maupun gas.

Beberapa teknik mudah dalam menyambung Pipa HDPE

Seperti yang sudah diketahui bahwa Pipa HDPE memiliki bahan polymer minyak bumi. Oleh karena itu, ada beberapa teknik yang wajib Anda ketahui saat memasang pipa yang satu ini. Karena terbuat dari Polietilena yang berdensitas tinggi, maka Anda perlu teknik yang pas dalam pemasangannya. Macam varian penyambungan pipa dari jenis HDPE dapat dilakukan secara compression Fitting Joint, Butt Fusion Joint dan terakhir adalah Electro Fusion Join. Metode penyambungan Compression Fitting joint adalah Anda hanya tinggal menyambung pipa tanpa perlu menggunakan lem apapun pada pipa. Cara ini pun bisa Anda lakukan dengan cukup mudah dilakukan oleh Anda sendiri.

( Baca: Wavin Black Pipa Berkualitas, Kuat dan Anti Karat )

Langkah awal jika Anda menggunakan cara compress adalah dengan membuka compression collar. Lepaskan union dan ring penjepitnya sebelum memasang sambungan. Setelah itu, Anda hanya perlu memasang union dan ring penjepit ke ujung pipa agar pipa tersebut nantinya bisa terpasang lebih kencang dan awet dalam pemasangan. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasang kembali compression collar dan kencangkan dengan tangan atau alat pengencang standar yang mudah digunakan oleh Anda sendiri. Lakukanlah cara-cara ini pada pipa lainnya yang akan disambung.

Sedangkan pada teknik penyambungan Butt Fusion, Anda perlu memanaskan terlebih dahulu pipa HDPE wavin yang Anda gunakan. Anda bisa memanaskan kedua ujung pipa hingga mencapai derajat tertentu kemudian Anda bisa menyambungnya dengan menggunakan alat Butt Fusion (Welding Machine). Secara detail caranya adalah sebagai berikut.

  • Pasanglah ujung-ujung pipa yang hendak Anda sambung pada alat fusion. Lalu, kencangkanlah alat penjepit hingga kedua pipa berada dalam satu sumbu.
  • Setelah itu, ratakanlah kedua ujung pipa dengan alat perata elektrik sampai benar-benar rata. Kemudian, Anda hanya perlu memasang alat pemanas pada kedua ujung pipa dan panaskanlah pipa tersebut.
  • Setelah dipanaskan, Anda hanya perlu menyambungkan kedua pipa tersebut dengan cara menekan persenyawaan yang sesuai pada pipa.

Untuk cara ketiga dalam pemasangan Pipa HDPE adalah dengan cara eletro fusin dimana ada peran aliran listrik dalam penyambungan pipa ini. Aliran listrik ini akan menimbulkan panas yang nantinya akan memudahkan Anda dalam penyambungan. Secara detail, cara ini bisa dilakukan dengan membersihkan ujung-ujung pipa yang hendak disambung. Setelah itu, pasangkanlah ujung-ujung pipa kedalam electro fitting. Kemudian, Anda hanya perlu menghubungkan electroda yang terdapat pada electrofusion ke electro fitting dan hidupkanlah alat tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyambungkan pipa tersebut jika warna pada indikator sudah berwarna kuning.

Metode penyambungan Flange Joint HDPE

Agar pipa tersambung dengan lebih kuat dan bertahan lama, Anda juga bisa menggunakan teknik lain dalam penyambungan yaitu dengan teknik Jointing System dimana menggunakan backing ring dan dimantling Join untuk menyambungkan HPDE. Untuk jointing system pada alat ini biasanya disebut dengan Flange to Flange connection. Alat ini sangat membantu Anda dalam penyambungan karena alat ini mampu menyambungkan pipa dengan pipa lain yang jenisnya berbeda yang biasanya menjadi suatu kendala dalam penyambungan pipa. Dengan alat ini, Anda juga tentunya akan sangat lebih mudah dalam menyambungkan pipa didalam rumah Anda sehingga sambungan bukan lagi masalah pada pipa.

Dengan pemasangan yang cukup mudah dan kualitas yang sangat bagus maka tidak salah jika banyak orang yang menyukai pipa jenis ini. Ada banyak alasan diantaranya adalah anti karat dan aman bagi kesehatan khususnya jika digunakan sebagai instalasi air. Selain itu, jika dilihat dari teknik pemasangan Pipa HDPE diatas, maka Anda bisa melihat bahwa teknik pemasangan ini cukup ringan dan tidak ribet. Namun, alasan utama dari pemakaian pipa ini adalah karena pipa jenis ini mampu bertahan cukup lama yaitu 50 tahun lebih sehingga Anda tidak perlu khawatir rusak setelah beberapa tahun pemasangan. Dengan sifat food grade pada pipa, pipa ini juga aman bagi kesehatan. Dengan demikian, kapan lagi Anda menunggu untuk memasang jenis pipa ini untuk keperluan instalasi dirumah Anda.

(Baca : Kelebihan dan Kekurangan Mesin HDPE Electrofusion )

Blog